Jonan Pantau Langsung Kesiapan Arus Balik Pelabuhan Bakauheni

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 10 Juli 2016 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 10 320 1434818 jonan-pantau-langsung-kesiapan-arus-balik-pelabuhan-bakauheni-b0fkfDiUWi.gif Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Dalam rangka arus balik Lebaran 2016, hari ini (H+4) Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama seluruh rombongan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meninjau aktivitas arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung.

Jonan yang didampingi Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Direktur Utama ASDP Danang S Baskoro, melakukan peninjauan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheuni Lampung menggunakan kapal KMP Batumandi.

Pantauan Okezone, Minggu (10/7/2016), Jonan bersama seluruh rombongan langsung menaiki kapal menuju anjungan kabin atau ruang kemudi KMP Batumandi. Di sana dirinya bersama Teten mendapat penjelasan singkat mengenai rute perjalanan dan waktu tempuh kapal menuju Lampung.

Jonan mengatakan, peninjauan kali ini bersama Kepala Staf Kepresidenan dan Dirut ASDP bertujuan melihat langsung kepadatan arus balik menggunakan moda penyeberangan yang terjadi di Lampung.

"Kita akan lihat arus balik dari Sumatera ke Jawa. Ini kita akan ke Bakauheuni dan dari sana kita akan lihat kepadatannya seperti apa yang akan kembali ke Jakarta," ujar Jonan di KMP Batumandi menuju Lampung, Minggu (10/7/2016).

Menurut Jonan, hingga H+4 arus balik menggunakan moda penyeberangan dalam kondisi normal. Kalaupun penuh, semua terjadi di Bakauheuni, tidak di Merak. "Menurut Saya masih normal," ujarnya.

Sekedar informasi, mantan Direktur KAI itu tiba di Kantor PT ASDP Indonesia Ferry cabang Pelabuhan Merak pada pukul 07.55. Adapun rute peninjauan yang akan dilakukan Jonan bersama rombongan adalah melakukan peninjauan arus mudik di Pelabuhan Bakauheuni, Tanjung Pinang, dan akan meninjau di pintu Tol Cikarang Utama.

Pantauan Okezone, di sepanjang perjalanan dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak pada pagi ini cukup lancar. Belum terlihat antrean panjang di sepanjang Gerbang Tol (GT) menuju merak atau sebaliknya. Begitu juga di Pelabuhan Merak, terlihat belum ada antrean keluar Pelabuhan Merak hingga saat ini. (DNG)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini