Lebaran, Konsumsi BBM Naik 7-9%

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 11 Juli 2016 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 11 320 1435256 lebaran-konsumsi-bbm-naik-7-9-RCyWC7LyRI.jpg Ilustrasi : Okezone

YOGYAKARTA – Hingga H+4 Idul Fitri 2016 konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bahan Bakar Khusus (BBK) di wilayah Operasional Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah (JBT) dan DIY terus mengalami peningkatan.

Peningkatan tersebut seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang melintasi wilayah Jawa Tengah dan DIY pada Arus Balik kali ini. Area Manager Communication & Relations JBT Suyanto mengatakan, berdasarkan data harian yang di peroleh dari Tim Satgas MOR IV JBT pada tanggal 9 Juli 2016 Penyaluran BBM jenis Premium mencapai 12.4815 kiloliter (kl) atau setara dengan 138 persen dari rata-rata harian normal.

Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan dibanding dengan hari sebelumnya. “Kalau jumlah segitu berarti meningkat sekitar 7 persen dari hari sebelumnya,” tuturnya baru-baru ini. Sementara untuk Solar, pertamina mencatat konsumsi pada hari Sabtu (9/7) sekitar 2.032 kl. Jumlah tersebut sebenarnya setara dengan 42 persen dari rata-rata harian normal. Sementara konsumsi solar Sabtu tersebut jauh lebih banyak sekira 9 persen dari hari sebelumnya. Peningkatan konsumsi solar tersebut tak begitu signifikan karena angkutan barang belum diperbolehkan melintas.

Sementara itu, Pertamina mengaku senang sebab BBK, seperti pertalite dan pertamax, sepertinya malah menjadi idola baru masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan penyaluran yang cukup signifikan mencapai 200 persen lebih dari rata-rata harian. Selain daerah tujuan arus mudik, wilayah Jawa Tengah bagian selatan serta DIY juga merupakan destinasi wisata sehingga konsumsi bahan bakar meningkat saat Lebaran ataupun long weekend lainnya.

“Mudah-mudahan bukan hanya di musim Lebaran seperti sekarang ini saja produk unggulan BBK Pertamina menjadi idola masyarakat.”

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini