Menhub Sebut Sudah Antisipasi Arus Mudik Lebaran 2016

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 11 Juli 2016 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 11 320 1435389 menhub-sebut-sudah-antisipasi-arus-mudik-lebaran-2016-i7o0IATp16.jpg Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (Foto : Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignatius Jonan mengungkapkan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan Polri telah siap mengantisipasi arus balik musim mudik Lebaran 2016.

Jonan menyebutkan, sejauh ini arus balik masih berjalan cukup lancar, lantaran waktu liburan masih berlaku hingga akhir pekan ini. Di mana, gelombang pertama arus balik terjadi pada hari Jumat, Sabtu, dan minggu pekan lalu. Sedangkan gelombang kedua terjadi pada pekan ini.

"Ini kan sudah libur anak sekolah sampai 17 Juli 2016," kata Jonan di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (11/7/2016).

 [Baca juga: Mudik Lebaran, Menteri ESDM Pastikan BBM dan Listrik Aman]

Jonan berharap, arus balik gelombang kedua para pemudik sudah mulai pulang mulai dari awal pekan ini, sehingga tidak bergerombolan pada Sabtu dan Minggu pekan ini. "Tapi mudah-mudahan sih merata sih ya. Ada yang pulang Senin sampai Sabtu ya. Tapi kalau nggak, kami sudah antisipasi itu Jumat dan Sabtu, Minggu. Ini terakhir sudah, pasti," tambahnya.

Menurut Jonan, kondisi lalu lintas DKI Jakarta yang saat ini masih lengang dikarenakan sepertiga masyarakat Ibu Kota belum kembali dari kampung aslinya.

"Kalau kendala sih menurut saya ya. Kalau prinsip ya selama ini nggak ada sih. Hanya memang kadang-kadang kalau traffic-nya penuh sekali, pasti apa namanya delay atau macet atau apa ya pasti," tandasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini