nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kopi Temanggung Jajaki Pemasaran ke Korea

ant, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2016 16:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 15 320 1438826 kopi-temanggung-jajaki-pemasaran-ke-korea-ClvAUU2d26.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

TEMANGGUNG - Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bersama Kota Denpasar dan Kota Bandung akan menjajaki pemasaran kopi ke Korea, kata Bupati Temanggung, Bambang Sukarno.

"Guna memenuhi kebutuhan kopi di Korea akan diawali dengan membuka Kafe Kopi Indonesia di Korea," kata Bambang Sukarno di Temanggung, Jumat (15/7/2016).

Sebelumnya Bupati Temanggung bersama Wali Kota Denpasar dan Wali Kota Bandung diundang Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta pada Kamis 14 Juli 2016.

Kementerian Koperasi dan UKM menindaklanjuti kerja sama Indonesia dan Korea yang telah ditandatangani di Gedung PBB New York pada 16 Juni 2016, dalam mengembangkan pasar produk UKM masing-masing negara. Untuk memenuhi pasar Korea, Indonesia akan menjajaki produk kopi dan roti.

Bambang menuturkan Cafe Mangsi dari Denpasar dan Little Bandung akan dibuka di Korea, sedangkan Kabupaten Temanggung masih mempelajari pengusaha/koperasi mana yang akan dikembangkan.

Menurut dia rencana pengembangan usaha kopi di Korea difokuskan di kawasan Bojeong-Dong Cafe Avenue.

Ketiga kepala daerah yang hadir dalam acara tersebut menyatakan kesiapannya dalam mengembangkan produk UKMnya masuk ke pasar Korea.

Bambang mengatakan wilayahnya dikenal sebagai penghasil pertanian, antara lain penghasil tembakau srintil terbaik di dunia dan penghasil kopi arabika dan robusta yang beberapa waktu lalu meraih harga lelang tertinggi kedua di dunia.

"Di Temanggung, ada 103 UKM penghasil kopi. Selain itu, banyak pabrik pengolah kayu sengon untuk pasar Tiongkok dan Eropa. Investor Korea silakan datang untuk berinvestasi di wilayah kami," katanya.

Ia berharap kerja sama tersebut agar segera bisa direlisasikan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini