Menteri Susi: Meskipun Berpendidikan Rendah, Saya Profesional

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2016 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 19 320 1441899 menteri-susi-meskipun-berpendidikan-rendah-saya-profesional-Rhnj7I8odM.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti. (Foto: Okezone/Arief)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dituding memberikan izin reklamasi Teluk Benoa, Bali, kepada PT Tirta Wahana Bali Internasional (TWBI). Tudingan tersebut muncul karena Susi berteman akrab dengan Tomy Winata, investor TWBI.

Tudingan tersebut pun membuat Susi gerah. Bagaimana tidak, secara tidak langsung dia dituding tidak bersikap profesional sebagai pejabat pemerintahan.

Untuk itu, Susi menegaskan meski dirinya berpendidikan rendah, namun dirinya akan terus bersikap profesional sebagai pejabat pemerintahan. Sekalipun yang dihadapinya adalah teman akrabnya sendiri.

"Seorang susi yang jabat menteri tidak ada memutuskan sesuatu atas dasar subjektivitas. Jadi go and no go-nya itu di Amdal. Kawan-kawan tidak boleh pelintir begini. Walaupun pendidikan saya rendah, tapi saya sangat profesional," tegasnya di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Rasa gerah terhadap tudingan yang dilontarkan kepada dirinya bermula pada omongan beberapa pihak di media sosial Twitter. "Di Twitter dibilang, ini karena Pak Tomy Winata kawan saya jadi diizinkan," imbuh dia.

Padahal, izin yang sebenarnya keluar adalah perpanjangan izin lokasi. Izin tersebut akan dikeluarkan pemerintah jika ada pihak yang mengajukan pembuatan Analisis Dampak dan Lingkungan (Amdal).

"Izin lokasi itu bukan izin pelaksanaan. It's nothing to do. Izin lokasi ada itu biar melanjutkan pelaksanaan feasibility study (FS)," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini