Image

Bos BEI Targetkan UMKM Daftar Tax Amnesty di 3 Bulan Pertama

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2016, 11:13 WIB
https img k okeinfo net content 2016 07 20 20 1442198 bos bei targetkan umkm daftar tax amnesty di 3 bulan pertama 4XE3SAirfB gif Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Bukalapak terkait sosialisasi tax amnesty. Market place yang khusus memfasilitasi UMKM ini ditargetkan dapat menjadi jembatan antara pemerintah dan UMKM untuk dapat melakukan sosialisasi mengenai program pengampunan pajak.

Menurut Direktur Utama BEI Tito Sulistio, diharapkan akan banyak UMKM yang mulai mendaftar program ini pada tiga bulan pertama pelaksanaan program pengampunan pajak. Untuk itu, sosialisasi akan gencar dilakukan secara online melalui Bukalapak.com.

"Kita bersama Bukalapak memfasilitasi dalam 1,5 bulan (yang tersisa) periode pertama agar Bukalapak bisa memfasilitasi pendaftaran pajak," jelas Tito dalam acara penandatangan MoU di Main Hall BEI, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

[Baca juga: BEI Gandeng Bukalapak Sosialisasikan Tax Amnesty]

Saat ini, lanjutnya, Indonesia masih membutuhkan basis pajak tambahan untuk menjadi sumber pemasukan negara. UMKM inilah yang diharapkan dapat menjadi sumber tambahan bagi basis pajak di Indonesia.

"Negara ini perlu tax based yang besar salah satunya adalah melalui UMKM. Tapi UMKM tidak bisa di kenai tarif besar. Hanya setengah persen. Ini yang belum termanfaatkan," jelasnya.

"Jadi kita harap sukses story pendaftaran pajak UMKM akan ada di Bukalapak. Nanti Bukalapak bisa jadi 'unicorn' untuk pembayaran pajak," tutupnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini