nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembebasan Lahan Tol Pejagan-Pemalang Seksi III Belum Capai 10%

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2016 11:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 20 320 1442237 pembebasan-lahan-tol-pejagan-pemalang-seksi-iii-belum-capai-10-NPixpA1NRs.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

SLAWI – Proses pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Pejagan-Pemalang seksi III (Brebes Timur-Tegal) belum mencapai 10 persen. Meski begitu, pelaksana proyek optimistis pengerjaan konstruksi selesai pada 2017 agar bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran.

Pimpinan Proyek PT Pejagan-Pemalang Toll Road (PPTR) Mulya Setiawan mengatakan pengerjaan konstruksi Tol Pejagan-Pemalang seksi III masih menunggu proses pembebasan lahan yang saat ini masih berjalan. Masih sedikitnya lahan yang dibebaskan karena sebagian besar berupa tempat tinggal.

Hal ini berbeda dengan lahan yang harus dibebaskan di seksi IV yang meliputi wilayah Tegal-Pemalang. “Kalau seksi IV pembebasan lahan sudah 60% karena sebagian besar lahannya adalah sawah-sawah. Pengerjaan konstruksinya sudah mulai dilakukan,” ucapnya kemarin.

Meski pembebasan lahan masih tersendat, Mulya optimistis target penyelesaian pengerjaan ruas jalan tol seksi III dan IV pada 2017 bisa tercapai. Termasuk target yang dipatok Pemerintah Provinsi Jateng agar pembebasan lahan rampung pada Agustus. “Saya kira bisa (selesai sesuai target). Harganya (tanah) kan sudah cukup bagus.

Kami tinggal menunggu dari pemerintah daerah dalam hal ini panitia pembebasan lahan. Kalau sudah dibebaskan, langsung kita kerjakan konstruksinya,” katanya. Di Kabupaten Tegal, tanah milik warga yang belum dibebaskan antara lain berada di wilayah Kecamatan Tarub. Terdapat lima desa di kecamatan ini yang akan dilalui jalan tol. Dari jumlah itu, tanah yang belum dibebaskan berada di Desa Jatirawa dan Karangmangu.

Kepala Desa Jatirawa Agung Pudjiarti menerangkan, tanah milik warga di Desa Jatirawa yang akan digunakan untuk pembangunan jalan tol mayoritas belum bersertifikat karena masih berupa akta, letter C, dan tanah waris. “Luas totalnya sekitar 12.444 meter persegi,” ujarnya. Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,50 kilometer saat ini baru merampungkan pengerjaan ruas Pejagan-Brebes Timur (seksi I dan II) sepanjang sekitar 20 kilometer.

Pengoperasian ruas tol tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Juni lalu. Dikerjakan sejak 2014 oleh PT PPTR sebagai anak usaha PT Waskita Karya, pengerjaan jalan bebas hambatan ini ditargetkan rampung pada 2017 sesuai permintaan Presiden Joko Widodo dari target semula pada 2018.

Sementara itu, sejumlah anggota DPRD Jateng mengaku pesimistis target pemerintah menyelesaikan pembebasan lahan jalan tol Trans Jawa pada Agustus 2016 mendatang tercapai. Sebab, pembebasan lahan membutuhkan waktu cukup lama, mulai dari appraisal (penaksiran harga), sosialisasi, dan lain sebagainya.

“Saya pesimistis bisa selesai,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso di Semarang, kemarin. Menurut Hadi, banyak proyek pembangunan tersendat karena pembebasan lahannya berlarutlarut. Selain jalan tol, ada juga pembangunan Waduk Pidekso di Kabupaten Wonogiri.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini