nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TERPOPULER: Bekasi, 'Planet' yang Nyaman untuk Tempat Tinggal

Agregasi Minggu 24 Juli 2016 10:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 23 470 1445246 terpopuler-bekasi-planet-yang-nyaman-untuk-tempat-tinggal-LISXe6oAtR.jpg Ilustrasi perumahan. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kabupaten Bekasi memang tak begitu jauh dari Jakarta. Namun, perbedaan infrastrukturnya dengan Ibukota sangat terasa. Wilayah ini pun sempat dijuluki ‘planet’, karena letaknya yang seolah jauh sekali.

 

Kendati menjadi bahan candaan bagi netizen, nyatanya Bekasi masih terbilang nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Salah satunya daerah Setu di Kabupaten Bekasi.

 

 

Peta lokasi Kecamatan Setu yang merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Bekasi (sumber: pencarian google maps)

 

Di Kecamatan ini masih terdapat sawah. Namun, saat ini sawah-sawah tersebut sudah mulai tidak produktif seiring dengan sistem pengairan yang hanya mengandalkan curah hujan saja.

 

Di sepanjang jalan di kecamatan ini masih banyak ditumbuhi pepohonan rindang, sehingga akan terasa teduh dan nyaman, meskipun harus menempuh perjalanan saat siang hari.

 

Rasa nyaman tidak hanya sampai di situ. Kondisi jalan utama seperti Jalan MT. Haryono yang memiliki lebar sekitar 4m – 5m ini sudah terlihat ‘mulus’. Sehingga, ini akan membantu mempercepat perjalanan Anda.

 

 

Lampu merah tepat di pertigaan dari arah Bantar Gebang dan Gerbang tol Cibitung, di titik inilah kemacetan kerap menghadang perjalanan Anda.

 

 

 

Tidak hanya jalan MT. Haryono, Jalan Cisonyok Burangkeng juga menunjukkan kondisi jalan utama yang baik. Dengan demikian, untuk fasilitas infrastruktur jalan Kecamatan Situ – Kabupaten Bekasi bisa menjadi nilai plus untuk memilih hunian idaman.

 

Bambang Sutopo, selaku Manajer Marketing dari proyek Perumahan Puri Manggis Boutique Setu Bekasi mengatakan, lahan di kecamatan ini sangat baik untuk menunjang kehidupan penghuni sehari-hari. Terutama untuk kondisi air bersih.

 

“Pengembang banyak yang melirik Setu untuk dibuatkan proyek perumahan, karena sudah tahu jika lahan bekas perkebunan Rambutan, tentu memiliki cadangan air yang banyak dan berkualitas. Dan, ternyata benar cadangan air melimpah dan kualitasnya baik untuk dikonsumsi,” kata Bambang.

 

 

 

Gerbang masuk perumahan di Bekasi.

 

Berdasarkan pengamatan Rumah.com, kelebihan utama yang dimiliki Kecamatan Setu ini adalah masih banyak tersedia rumah-rumah dengan harga terjangkau, berkisar Rp200 juta – Rp350 juta.

 

Menurut Bambang, harga rumah tersebut menjadi pilihan yang tepat untuk target pasar (konsumen) yang berpenghasilan Rp5 juta – Rp6 juta-an. Kebanyakan pembeli rumah, merupakan karyawan yang bekerja di Jakarta, namun ada juga yang bekerja di kawasan industri MM2000.

 

Penghuni yang tinggal di dekat Jalan Cisonyok menuju Jakarta, bisa menggunakan akses jalan Tol Jakarta – Cikampek melalui pintu masuk Tol Tambun. Waktu tempuh untuk menuju gerbang tol sekitar 20 menit bila kondisi jalan tidak tersendat.

 

Selain pintu keluar tol Tambun, berita baiknya menurut Bambang akan ada penambahan pintu keluar Tol Cibitung – Cimanggis.

 

 

 

Peta Jalan Tol Jabodetabek (sumber: Badan PengaturJalan Tol Departemen PU)

 

“Jalan tol dengan panjang 25,4 kilometer, akan menyatu dengan ruas jalan tol Cilincing – Cibitung yang berada di atas ruas jalan Tol – Cikampek. Namun masyarakat harus bersabar, karena pintu keluar tol ini baru rampung sekitar 2019. Bila proyek ini sudah siap, harapnnya dapat mengurangi beban angkutan barang di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek yang biasa melewati di Cawang,” tambah Bambang.

 

Masyarakat Bekasi sepertinya bisa berbangga. Pasalnya dengan baru dibukanya Mall Metropolitan Cileungsi dari Metropolitan Land Tbk akan menambah pemikat pertumbuhan properti hunian di sana.

 

Dengan perkembangan infrastruktur yang semakin ‘matang’ tersebut, harga properti di sana terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, kisaran kenaikan bisa nyaris 100 persen.

 

Bagaimana? berminat untuk tinggal di “Planet” bernama Bekasi ini?

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini