Image

Taman Tematik Terbaik Ada di Kota Ini

ant, Jurnalis · Minggu 24 Juli 2016 12:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 07 24 470 1445451 taman-tematik-terbaik-ada-di-kota-ini-mOjSLjzTQY.jpg Ilustrasi: Shutterstock

MALANG - Taman-taman tematik yang bertebaran di Kota Malang, Jawa Timur dinyatakan sebagai taman tercantik sehingga kota itu meraih penghargaan sebagai kota dengan taman terbaik tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Erik Setyo Santoso oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar pada saat puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Nasional di Siak Sri Indragiri, Riau, yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Baca juga: Technopark Cimahi Ditargetkan Tuntas September)

"Ke depan, kami akan terus berupaya mempercantik Kota Malang dengan memperbanyak taman-taman tematik lainnya, tidak hanya di tengah kota, tapi di tingkat kecamatan, kelurahan maupun daerah-daerah pinggiran," kata Wali Kota Malang Moch Anton dalam rilisnya, Minggu (24/7/2016).

Anton berharap masyarakat turut serta menjaga dan melindungi taman-taman tematik yang telah dipercantik tersebut, karena sejujurnya, menjaga itu lebih sulit daripada membangun atau membuat.

"Saya juga tidak pernah ragu untuk turun langsung menyapu dan membersihkan jalan-jalan serta taman yang kotor. Ini merupakan wujud kepedulian saya terhadap lingkungan, sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat agar mau menjaga fasilitas yang sudah dibangun," urainya.

Penilaian sebagai kota dengan Taman Terbaik tersebut, bukan hanya untuk satu taman saja, tetapi seluruh taman yang ada di Kota Malang. Taman-taman yang ada di Kota Malang dinilai memiliki karakteristik berbeda dari kota-kota lainnya karena sejujurnya, menjaga itu lebih sulit daripada membuatnya, tegasnya.

Selain meraik penghargaan sebagai kota dengan Taman Terbaik, Kota Malang juga menyabet Piala Adipura Kencana yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Walikota Malang H Moch Anton. (Baca juga: Dua Taman Senilai Rp1,4 Miliar Mangkrak Tak Terurus)

Adipura Kirana merupakan kategori penilaian Adipura untuk mewujudkan kota-kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism, dan investmen (TTI) berbasis pengelolaan lingkungan. Sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Sebenarnya Kota Malang membidik Adipura Paripurna, namun kalah bersaing dengan Kota Surabaya yang akhirnya memenangkan piala tersebut.

Selain mendapatkan penghargaan sebagai kota dengan taman terbaik, Kota Malang juga mengantarkan salah satu warganya meraih Kalpataru dengan kategori sebagai Perintis Lingkungan, yakni Dr Gamal Albinsaid.

Perintis lingkungan diberikan kepada warga masyarakat, bukan pegawai negeri dan bukan pula tokoh dari organisasi formal yang berhasil merintis pengembangan dan melestarikan fungsi lingkungan hidup secara menonjol luar biasa dan merupakan kegiatan baru di daerah yang bersangkutan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini