Share

HOT BISNIS: Menanti Gebrakan Sri Mulyani

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2016 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 29 20 1450188 hot-bisnis-menanti-gebrakan-sri-mulyani-0POWce1BO8.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mempercayakan kursi Menteri Keuangan kepada Sri Mulyani. Dengan pengalamannya Sri Mulyani dianggap mampu membenahi permasalahan ekonomi saat ini.

Sri Mulyani pun mengaku merasa sangat senang dirinya kembali dipercaya untuk menjabat sebagai menteri di Indonesia. Ibu tiga anak ini pun meninggalkan posisi bergengsi sebagai Managing Director and Chief Operating Officer World Bank.

"Saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa saya telah menerima tawaran Presiden Joko Widodo untuk bergabung dengan pemerintah Indonesia di posisi Menteri Keuangan," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, 27 Juli 2016.

Menurutnya, dengan terpilihnya sebagai Menteri Keuangan merupakan suatu kehormatan untuk melayani Presiden dan bangsa Indonesia. Dia senang bisa terlibat dalam melanjutkan program reformasi yang sedang berlangsung.

"Saya meninggalkan Bank Dunia setelah enam tahun menjabat sebagai Managing Director dan Chief Operating Officer," tambahnya.

Sri Mulyani pun telah memiliki target jangka pendek hingga tiga bulan yang akan datang. Program utama yang akan dilakukan adalah melakukan koordinasi dengan seluruh kementerian hingga pemerintah daerah terkait pemanfaatan APBN.

Menurut Sri Mulyani, dalam waktu dekat dirinya akan menyusun rencana yang di dalamnya akan diatur harmonisasi anggaran APBN. Dengan begitu, maka diharapkan kesempatan kerja dapat meningkat karena penggunaan APBN yang tepat sasaran.

Banyak menyambut positif kembalinya Sri Mulyani ke Indonesia. Bahkan hal itu langsung menjadi sentimen positif bagi pasar modal. (dng)

Usai pengumunan reshuffle, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada jeda siang saat itu langsung naik 60 poin atau 1,1 persen ke 5.284. Tidak hanya itu Rupiah pun juga langsung menguat ke level Rp13.117 per USD.

Masuknya Sri Mulyani pun disambut baik oleh Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio. Menurutnya, menteri Kabinet Kerja menjadi sempurna dengan ditambahnya satu orang paling berpengaruh di Indonesia dan di dunia.

Tito pun menceritakan kisah Sri Mulyani yang mampu mereformasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Kala Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan dulu, dirinya yang pertama kali mengubah kinerja pegawai pajak hingga menambah gaji pajak.

"Dan sekarang dia (Sri Mulyani) kembali, harusnya dia bisa panen Indonesia,"ujar Tito di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis 28 Juli 2016.

Selain itu Pengamat Ekonomi Tony Prasetiantono juga mengaku cukup kaget Presiden Jokowi berhasil meyakinkan Sri Mulyani untuk kembali. Dia melanjutkan, Sri Mulyani pernah ditawarkan untuk masuk dalam kabinet kerja, namun menolak dengan halus.

"Jadi kalau sekarang Sri Mulyani bersedia (mungkin timing-nya sudah tepat), itu sangat bagus," kata dia kepada Okezone di Jakarta.

Tony melihat peran Sri Mulyani memang dibutuhkan, apalagi saat ini kondisi fiskal Indonesia tengah tertekan, dengan defisit APBN yang semakin melebar, sehingga memerlukan extra efforts untuk mempertipis defisit. (dng)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini