Share

Ini Harapan Pengusaha Batu Bara terhadap Reshuffle Kabinet

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2016 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 01 320 1451911 ini-harapan-pengusaha-batu-bara-terhadap-reshuffle-kabinet-7i935N2H4B.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan perombakan atau reshuffle kebinet. Salah satu jabatan yang terkena perombakan adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Jokowi memutuskan untuk mengganti Sudirman Said dengan Arcandra Tahar.

Hal ini membawa harapan baru bagi dunia usaha, salah satunya adalah pengusaha batu bara yang saat ini tengah mengalami kesulitan untuk menghadapi rendahnya harga jual batu bara. Menurut Direktur PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) Bramantya Putra, dengan adanya reshuffle kabinet ini diharapkan Menteri ESDM dapat menyelamatkan pengusaha batu bara dari kerugian yang beruntun sejak beberapa tahun sebelumnya.

"Kita berharap bahwa beliau bisa mendukung usaha pertambangan dengan kondisi bisnis yang beberapa tahun ini cukup menantang," jelasnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/8/2016).

[Baca juga: Penjualan Batu Bara di Kalimantan Tengah Capai 3,2 Juta Ton]

Saat ini, lanjutnya, banyak pengusaha batu bara skala kecil yang telah gulung tikar. Pengusaha pun berharap agar Arcandra dapat menyelamatkan para pengusaha batu bara skala kecil ini.

"Kan banyak yang telah menghentikan produksi. Ini dapat menjadi salah satu dorongan sehingga bangkit kembali. Kita harap beliau dapat memberi stimulus," tutupnya.

Selain itu, terkait program pembangunan pembangkit tenaga listrik 35 ribu megawatt, Arcandra juga diharapkan dapat memberikan kejelasan kepada pengusaha terkait tender di sejumlah daerah. Indo Tambangraya Megah pun saat ini tengah bersiap untuk mengikuti tender pada mega proyek ini.

"Kita masih mempersiapkan sendiri. Karena dari pemerintah belum membuka tender tapi kita tertarik dan sedang mempersiapkan diri," tutupnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini