Astra Internasional Masih Pertahankan Bank Permata Meski NPL Melonjak

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2016 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 02 278 1452825 astra-internasional-masih-pertahankan-bank-permata-meski-npl-melonjak-bDKZDyW2hb.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) mengakui, yang menjadi penahan laba grup salah satunya berasal dari anak usaha di sektor jasa keuangan. Terlebih lagi PT Bank Permata Tbk, di mana ASII memiliki saham 44,6 persen mencatatkan kerugian bersih hingga Rp836 miliar.

Direktur Astra Internasional Gunawan Geniusahardja mengatakan, kerugian Permata Bank disebabkan melonjaknya rasio kredit bermasalah yang naik dari 2,7 persen menjadi 4,6 persen secara gross. Meskipun begitu pihaknya mengaku masih mau mempertahankan bank tersebut.

"Enggak kita lepas, Bank Permata jangka panjangnya masih akan bagus, akan ditunjuk sistemik bank. Lagi pula batas OJK NPL 5 persen itu kan secara net, itu kan gross, nett masih di bawah 3 persen lah," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Gunawan juga optimistis, NPL Bank Permata masih bisa diperbaiki. Sebab penyumbang utama lonjakan NPL dari kredit disektor korporasi. Hal itu karena disebabkan oleh perlambatan ekonomi.

"Ternyata NPL sektor consumer enggak ada masalah, UKM juga enggak masalah. Yang masalah di korporasi karena perlambatan ekonomi. Kalau consumer masih bagus kan kita masih bisa dorong," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini