Share

Dukung Program Sanitasi, Warga Malang Diberi Kredit Rp1,6 Juta

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2016 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 08 320 1458321 dukung-program-sanitasi-warga-malang-diberi-kredit-rp1-6-juta-euyUqooxdn.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


MALANG - Hari ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Kabupaten Malang mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Malang. TPAKD pun langsung membuat Program Desa Siaga Aktif Inklusi Keuangan (Pro-Desiku) dengan produk pembiayaan mikro sanitasi.

Bupati Kabupaten Malang Rendra Kresna mengatakan, sebagai pilot project produk pembiayaan mikro sanitasi akan dinikmati oleh dua di Kabupaten Malang yaitu Desa Ngadireso (4.000 jiwa) dan Desa Karang Anyar (4.000 jiwa).

Program ini diperuntukkan juga dalam rangka mendukung program kesehatan untuk meningkatkan taraf hidup sehat melalui kebersihan sanitasi.

"Masyarakat bisa menikmati layanan peminjaman kredit mikro sanitasi sebesar Rp1,650 juta. Ini dalam jangka waktu 12 bulan. Masyarakat bisa manfaatkan ini untuk pembangunan septic tank, dan cukup untuk biaya sanitasi tiap rumahnya," ujarnya di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (8/8/2016).

Rendra menambahkan, dalam proses Pro-Desiku, masyarakat di dua desa akan mendapat pendampingan yang dilakukan oleh perangkat kesehatan desa seperti bidan, perawat, mantri, dan petugas posyandu, sebagai agen literasi dan inklusif keuangan.

"Tujuannya supaya masyarakat literasi, edukasi dan inklusi keuangan yang lebih lagi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor OJK Kabupaten Malang Indra Krisna menambahkan, sanitasi masyarakat di Kabupaten Malang masih buruk. Berdasarkan riset Kementerian Kesehatan terdapat 23,8 persen masyarakat memerlukan sanitasi yang layak.

"Sanitasi buruk di dominasi masyarakat kelas menengah ke bawah. Hal itu tentu perlu ada bantuan dan mikro sanitasi dengan skema pembiayaan yang diharapkan membantu masyarakat tersebut," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini