Strategi Pemerintah Kejar Target Satu Juta Rumah

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2016 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 11 470 1461156 strategi-pemerintah-kejar-target-satu-juta-rumah-WvXzK9Eyff.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pemerintah terus berkomitmen terhadap pelaksanaan Program Sejuta Rumah, meskipun hingga saat ini capaiannya baru 25 persen dari target pada 2019 menjadi 5 juta dari 7,6 juta unit di 2014 berdasarkan konsep penghunian.

"Kalau kita dari pemerintah terus mendorong untuk selesaikan backlog, konkretnya kami mendorong sumber dana lain selain APBN, salah satunya kaya Efek Beragun Aset Surat Partisipasi (EBA-SP) ini," kata Direktur Pendayagunaan Sumber Pembiayaan Perumahan, Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Baby Setiawati, di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Baby melanjutkan, dana yang didapat dari EBA-SP tersebut merupakan dana jangka panjang yang bisa digunakan perbankan untuk menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) kepada para masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). (Baca juga: Agustus, 230.802 Unit Rumah Dibangun Lewat Program Sejuta Rumah)

"Selain itu pemerintah terus mengupayakan lewat kemudahan perizinan dan aturan-aturan, seperti saat ini Kementerian Dalam Negeri akan menindaklanjuti dari instruksi presiden soal penyederhanaan izin sehingga bisa jadi payung hukum daerah bikin Perda," ujarnya.

Baby mengakui, keberadaan dana jangka panjang yang cukup besar dibutuhkan untuk memenuhi penerbitan KPR yang terjangkau. Di sisi lain, pemerintah juga memfasilitasi dalam hal pendanaan pembangunan seperti membangun rumah susun sewa dan rumah swadaya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini