nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Holcim Perkuat Penjualan Semen di Aceh dan Sekitar

Raisa Adila, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2016 13:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 12 278 1461902 holcim-perkuat-penjualan-semen-di-aceh-dan-sekitar-sVvcJuGWoO.jpg Ilustrasi Semen. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Para produsen semen di Indonesia saat ini tengah dihadapi masalah kebanjiran suplai. Para pemain di industri semen saat ini tengah mengatur strategi untuk mengantisipasi permasalahan tersebut.

PT Holcim Indonesia Tbk (SMBC) mengaku tidak khawatir dengan kondisi tersebut, sebab perseroan telah mengakuisisi PT Lafarge Cement Indonesia (LCI) yang berbasis di Aceh dan Sumatera Utara. Sehingga, jajahan SMBC meluas hingga Sumatera wilayah bagian utara.

"Market share kita naik, dan kapasitas kita naik. secara geografi LCI itu kan di Aceh, kita kan di Jawa, adi itu sinergi yang baik," kata Direktur Penjualan Holcim Indonesia Dion Sumedi di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Menurutnya, secara sederhana jika kapasitas produksi meningkat maka penjualan juga bisa naik. Selain itu wilayah Sumatera Utara, Aceh dan sekitarnya masih minim kompetitor.

"Itu menambah jumlah penjualan kita. Di sana memang relatif persaingannya tidak seketat di Jawa. Kan over supply yang luar biasa ini kan terutama di Jawa atau Jawa bagian barat," imbuhnya.

Setelah mengakuisisi LCI, kapasitas produksi semen dari Holcim Indonesia bisa mencapai 15 juta ton per tahun. Selain itu perseroan juga telah memiliki terminal distribusi semen untuk packaging di Lampung.

"Itu untuk meningkatkan suplai dan service di Sumatera bagian selatan. Tadinya kan pakai kapal ke Lampung dari Jawa, tapi sekarang sudah bisa packing di Lampung," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini