NPI Surplus USD2,2 Miliar, Gubernur BI: Karena Transaksi Modal Cukup Kuat

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2016 09:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 13 20 1462678 npi-surplus-usd2-2-miliar-gubernur-bi-karena-transaksi-modal-cukup-kuat-GNTigynJdw.jpg Gubernur BI Agus Masrtowardojo (Foto: Okezone)

BATAM - Bank Indonesia (BI) mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal II-2016 surplus sebesar USD2,2 miliar. NPI ini naik dibandingkan kuartal I-2016 yang defisit sebesar USD300 juta.

Menurut Gubernur BI Agus Martowardojo, surplus ini disebabkan karena adanya penguatan transaksi modal dan finansial. Agus memprediksi, perbaikan ini masih akan terus terjadi sepanjang semester II-2016 mendatang.

"Kalau kita lihat surplus NPI yang besar itu adanya trasaksi modal dan finansial yang cukup kuat, dan tentu membuat NPI kita terjadi peningkatan. Kami masih melihat trens positif itukan terus berjalan di semester II," kata Agus saat ditemui awak media di Batam, Jumat malam.

(Baca Juga: Ekspor Manufaktur Dorong Surplus Neraca Perdagangan)

Perbaikan NPI ini diyakini juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun 2016. Hal ini juga didukung oleh adanya Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai pasar uang.

"Kita sambut baik bahwa kita telah luncurkan PBI pasar uang. Itu akan menjadi dasar yang jelas, khususnya untuk yang transaksi di jangka waktu di bawah 1 tahun, khususnya Repo, NCD (Negotiable Certificate of Deposit), commercial paper. Itu semua berdasarkan PBI itu. Kita harapkan sistem keuangan akan menjadi berdaya tahan dan efisien," tutupnya.

(dhe)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini