Uang Baru NKRI Terbit Akhir 2016, Ini Bedanya

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 13 Agustus 2016 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 13 320 1462925 uang-baru-nkri-terbit-akhir-2016-ini-bedanya-TbSRO0EBJ1.gif Ilustrasi: (Foto: Antara)

BATAM - Bank Indonesia berencana akan menerbitkan uang baru seri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, uang NKRI akan terbit akhir tahun 2016.

Nantinya, akan terdapat beberapa perbedaan pada uang NKRI ini. Salah satunya adalah pada gambar pahlawan dan penandatangan uang. Hanya saja, nominal pecahan uang NKRI tidak akan mengalami perubahan.

"Pecahan uang baru tidak berubah. Masih Rp100 ribu, Rp50 ribu dan seterusnya. Kita akan keluarkan uang NKRI pada akhir tahun dan akan mengeluarkan desain baru. Sebelumnya frasanya Indonesia diganti NKRI, penandatanganannya berbeda. Awalnya internal sekarang ditandatangi Gubernur Bank Indonesia. Koin juga akan berubah gambar pahlawan nasional selama ini kan bukan pahlawan," jelasnya di Batam, Sabtu (13/8/2016).

Hanya saja, untuk keputusan gambar pahlawan harus berdasarkan keputusan Presiden. Adapun nama pahlawan yang akan digunakan dalam desain uang NKRI diberikan oleh Kementerian Sosial.

"Keputusan gambar siapa yang dipakai itu tergantung pemerintah, Presiden. Sudah pengajuan tinggal nunggu apakah nanti Presiden setuju atau kalau sudah disetujui langsung naik cetak. Nama-nama pahlawan dari Kementerian Sosial. Pertimbangan ada unsur kedaerahan, perempuan atau laki-laki," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini