nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemasaran Melalui Media Sosial Makin Berkembang

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2016 11:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 19 320 1467659 pemasaran-melalui-media-sosial-makin-berkembang-nw3oeioJ69.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemasaran melalui media sosial semakin marak, seiring pesatnya pertumbuhan pengguna media sosial di Tanah Air.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat, Facebook sebagai sebagai salah satunya, merupakan layanan media sosial terbesar dengan pengguna aktif di Indonesia hingga kuartal I-2016 mencapai 84 juta orang.

Dengan jumlah pengguna di Tanah Air sebesar itu, Facebook menjadi salah satu tempat yang dinilai tepat untuk memasarkan produk di jagat maya.

Namun, menurut praktisi di bidang pemasaran internet (internet marketer) Iqbal Maulana, belum semua penjual tahu cara efisien untuk memasarkan produknya melalui layanan media sosial tersebut.

”Sebetulnya ada beragam tools pemasaran yang akan memudahkan pengguna dalam memasarkan produknya. Salah satunya, Facebook Pixel yang merupakan bagian dari fitur pada periklanan yang dapat memudahkan dalam menganalisa setiap pengunjung yang datang,” papar Iqbal melalui keterangan tertulisnya.

Dia menjelaskan, dengan menggunakan Pixel, pemasar dapat menjaring lebih banyak konsumen potensial. Dengan menggunakan fitur periklanan itu, konsumen potensial dapat disegmentasi ulang dengan konsep retargeting.

Dia mengatakan, berdasarkan riset Baymard Institute Januari 2016, di situs-situs terkemuka, hanya sekitar 30 persen calon pembeli yang memutuskan langsung membeli produk pada kunjungan pertama dan ternyata sisanya 70 persen pergi meninggalkan situs tanpa beli.

Secara mudahnya, jelas dia, konsep ini berarti melakukan follow up pada setiap iklan yang diluncurkan dengan target para calon pembeli yang sebelumnya pernah mengunjungi situs terkait. Proses tersebut, kata dia, memiliki matriks masing-masing yang sebaiknya diperhatikan dengan seksama. Namun, faktanya masih banyak pebisnis online yang belum mengetahui hal penting tersebut.

Demi memudahkan para pemasar, Iqbal meluncurkan aplikasi Redience yang dapat memudahkan para pebisnis online menjalankan berbagai teknik pemasaran di media sosial Facebook, khususnya retargeting.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini