Kabar Baik, BI Catat Deflasi 0,06% di Minggu Ketiga Agustus

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 22 Agustus 2016 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 22 20 1470086 kabar-baik-bi-catat-deflasi-0-06-di-minggu-ketiga-agustus-IVvjNwvvHJ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan bahwa hingga minggu ketiga bulan Agustus telah tercatat deflasi hingga sebesar 0,06 persen.

Menurut Agus, hal ini adalah kabar baik mengingat harga bahan pangan yang telah turun.

"Mungkin tambahan terkait inflasi cukup baik. Ini sudah minggu ketiga masih deflasi 0,06 persen. Jadi saya rasa itu kabar yang baik. Nanti di-update lagi lebih jauh," kata Agus saat ditemui usai acara Grand Launching BI Institute, Jakarta, Senin (23/8/2016).

BI memprediksikan indeks harga konsumen pada bulan Agustus akan lebih rendah dibandingkan bulan Juli lalu. Hal ini disebabkan karena mulai turunnya harga dan daya beli masyarakat.

"Memang biasanya setelah inflasi bulan puasa, puasa memang selalu inflasi lebih tinggi dari biasa. Setelah itu turun harga. Waktu inflasi puasa, inflasi ada tapi tidak setinggi biasanya. 0,66 atau 0,69 month to month setelah itu di bulan Juli, setelah libur lebaran sudah mulai turun harga. Jadi sampai Agustus nampaknya perkembangannya masih deflasi," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Menurut Mirza, hal ini adalah pola rutin setiap tahunnya. Masyarakat dan pengusaha pun tak perlu khawatir dengan pola ini karena konsumsi perlahan akan meningkat menjelang akhir tahun.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini