nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PTPP Kantongi Rp4,41 Triliun dari Hasil Rights Issue

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2016 16:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 23 278 1471090 ptpp-kantongi-rp4-41-triliun-dari-hasil-rights-issue-24Hf3Lraff.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), para pemegang saham PT PP (Persero) Tbk (PTPP) menyepakati rencana perseroan untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas I (PUT I) dengan penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Direktur Utama PTPP Tumiyana mengatakan, pihaknya akan menawarkan sebanyak-banyaknya 1,7 miliar saham biasa atas nama seri B dengan nilai Rp100 per saham.

"Dana yang diperoleh dari hasil aksi korporasi ini sebesar Rp4,41 triliun," tuturnya di Kantor Pusat PTPP, Jakarta, Selasa (22/8/2016).

Tumiyana menjabarkan, penambahan dana lewat right issue tersebut berasal dari suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah sebesar Rp2,25 triliun dan sisanya Rp2,16 triliun akan berasal dari dana pemegang saham publik.

"Jadi kepemilikan saham pemerintah masih tetap mencapai 51 persen, sedangkan porsi publik sebesar 49 persen," imbuhnya.

Nantinya dana tersebut akan digunakan perseroan untuk meningkatkan modal kerja serta mempercepat program infrastruktur nasional. Di antaranya seperti pengembangan kawasan industri, kawasan pelabuhan, pembangunan jalan tol, pembangkit listrik, ā€ˇpembangunan apartemen, dan hunian untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Perseroan juga telah menunjuk Danareksa, Mandiri Sekuritas dan Bahana Securities sebagai joint standby buyer. "Posisi Danareksa Sekuritas sebagai Joint Lead atas transaksi rights issue," tambah Tumiyana.

Sementara itu perseroan memperkirakan bisa memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan paling lambat 7 November 2016. Sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan pada 29-30 November 2016.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini