Pemda Harus Jamin Lahan untuk Pembangunan Rumah Murah

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2016 18:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 25 470 1473165 pemda-harus-jamin-lahan-untuk-pembangunan-rumah-murah-IKVOiiKvRK.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pembangunan perumahan terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak bisa hanya dilihat dari sisi perizinan. Harus juga dilihat dari perwujudan efisiensi dan keberlanjutannya.

Untuk itu menurut Ketua Umum Masyarakat Peduli Perumahan dan Permukiman Indonesia Noer Soetrisno, pemerintah perlu mengingat juga dari sisi ketersediaan lahan. (Baca juga: Paket Kebijakan Ekonomi XIII Harus Diiringi Pembentukan Bank Tanah)

"Meskipun perizinan itu nantinya sudah dipangkas dari yang panjang, ujungnya yang baik itu tetap daerah bisa menyediakan lahan untuk suatu pembangunan perumahan," kata Noer dalam Seminar Percepatan Penyediaan Perumahan Melalui Kemudahan Perizinan, Kamis (25/8/2016).

Dia menilai, pemerintah daerah yang baik dalam penerapan kebijakan penyederhanaan perizinan tersebut tentunya dapat memastikan stok tanah untuk membangun rumah murah. (Baca juga: Paket Kebijakan Ekonomi XIII, Ketersediaan Lahan Jangan Sampai Dilupakan)

"Daerah itu bisa dorong sediakan stok tanah, ya salah satunya melalui Badan Layanan Umum (BLU) penyediaan tanah, karena konteks penyederhanaan perizinan itu efeknya panjang," pungkasnya.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini