nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Salah Satu 'Warisan' Arsitektur Zaha Hadid

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2016 00:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 26 470 1473939 mengintip-salah-satu-warisan-arsitektur-zaha-hadid-Xs3tSmlcer.jpg Foto: Business Insider

MIAMI - Arsitek asal Inggris Zaha Hadid menjadi salah satu arsitek kenamaan dunia. Karya-karyanya seolah abadi meski Hadid telah meninggal awal 2016 kemarin.

 

Arsitek yang pernah meraih penghargaan Pritzker itu dikenal dengan gaya desainnya yang neo-futuristik, tapak dari bentuk kurva dan geometris di tiap rancangan bangunannya.

 

Selama dalam kurun waktu empat dekade dia berkarier, Hadid telah banyak merancang bangunan terkenal di dunia. Beberapa di antaranya masih dalam pembangunan.

 

Salah satu yang diwariskan Hadid adalah pencakar langit di Miami, Florida, Amerika Serikat, yaitu One Thousand Museum, yang hingga saat ini masih dalam tahap konstruksi.

 

"Pencakar langit ini akan menjadi menara residensial bertingkat pertama di belahan barat," kata co-developer Kevin Venger seperti dikutip dari Business Insider.

Rencananya akan selesai pada akhir 2018. Pencakar langit akan jadi lambang kemewahan di Miami. Adapun unit yang paling mahal dijual dengan USD50 juta atau setara dengan Rp661,1 miliar.

 

One Thousand Museum akan berdiri di tepi pantai, di Miami. Bangunan ini akan menjadi bangunan tertinggi di kota dengan ketinggian 700 kaki.

 

Fasad terbuat dari kaca yang diperkuat dengan serat beton, beton jenis string ultra kuat tertanam di dalam kaca. Banyak bangunan Hadid menggunakan teknik ini. Tampilan dari desain bangunan ini berbentuk garis melengkung dari dasar hingga atas.

 

Bangunan akan meliputi 83 unit, mencakup penthouse duplex dua lantai, empat lantai townhouse, delapan lantai residensial, dan 70 unit di lantai dua.

Adapun fasilitasnya di antaranya heliped pribadi, kolam renang, pusat kebugaran, garasi, restoran dan akses private lift untuk. Total bangunan ini memiliki 62 lantai. (fir)

(rzk)