Image

SURVEI OKEZONE FINANCE: Bayar Bunga Utang Rp180 Triliun, Apa yang Bisa Diandalkan?

Senin 29 Agustus 2016, 06:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 28 20 1475110 survei-okezone-finance-bayar-bunga-utang-rp180-triliun-apa-yang-bisa-diandalkan-ubNs9JL2SY.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tak hanya jumlah utang pemerintah yang besar. Beban bunga utang yang harus dibayarkan pemerintah juga cukup besar, mencapai Rp180 triliun pada tahun ini.

"Bayar bunga utang itu Rp180 triliun tahun ini dibandingkan spending Rp2.000 triliun," kata mantan Menteri Keuangan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang PS Brodjonegoro saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat 19 Agustus 2016.

Namun, Indonesia bukannya tanpa potensi untuk menutupi tingginya bunga utang. Menurut Bambang, terdapat beberapa sektor yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penerimaan negara, terutama dalam program pengampunan pajak.

Menurut Anda, bagaimana pemerintah harus menutupi utang dan bunga utang ini?

Kanal Okezone Finance melakukan survei kepada sejumlah analis, pengamat ekonomi serta pengusaha. Berikuti ini daftar pertanyaan yang diajukan kepada para responden tersebut.

1. Beban bunga utang Indonesia mencapai Rp180 triliun tahun ini, menurut Anda, bagaimana cara yang tepat untuk dijalankan pemerintah guna menutupi utang ini?

A. Maksimalkan tax amnesty

B. Terbitkan surat utang baru (SUN atau Sukuk)

C. Cari utang baru ke lembaga internasional

D. Potong gaji pejabat

2. Apa alasan Anda?

3. Apa saran Anda untuk pemerintah?

Berikut hasil survei tersebut:

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini