nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HOT SHOT: Desi Arryani, Srikandi yang Punya Tugas Bangun 1.300 Km Jalan Tol

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Sabtu 03 September 2016 18:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 03 320 1480564 hot-shot-desi-arryani-srikandi-yang-punya-tugas-bangun-1-300-km-jalan-tol-dCZhfuOzw1.jpg Dirut Jasa Marga Desi Arryani. (Foto: Waskita Karya)

JAKARTA – Kementerian BUMN menunjuk Desi Arryani sebagai srikandi untuk memimpin salah satu perusahaan raksasa pelat merah yakni PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Pergantian pucuk pimpinan perusahaan ini diklaim menjadi bagian dari persiapan holding BUMN jalan tol.

Sebagai pemimpin BUMN infrastruktur raksasa ini, tugas Desi Arryani memang tidaklah mudah. Dia memiliki pekerjaan rumah (PR) yang tidak ringan, seperti membangun 1.300 kilometer (km) jalan tol hingga 2020.

Belum lagi tuntutan untuk bisa meningkatkan jumlah aset Jasa Marga sampai Rp125 triliun dalam kurun empat tahun. Dengan besarnya beban tersebut, Desi Arryani diharapkan dapat bertangan dingin untuk mendorong kinerja Jasa Marga.

Desi Arryani sendiri bukanlah orang awam di bidang infrastruktur. Lulusan sarjana Teknik Sipil Universitas Indonesia pada 1987 dan magister manajemen dari Institut Manajemen Prasetya Mulya ini telah menjabat sebagai Direktur Operasi I PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sejak 2013.

Ia memulai karier sebagai karyawan di Waskita Karya pada 1987 sebagai staf anggaran proyek di kantor pusat. Empat tahun kemudian, dia dipercaya menjadi Kepala Proyek Talud Benoa dan Irigasi Proyek Sabah Paket II di Buleleng.

Berkat keterampilan tersebut, karier Desi terus menanjak dan dipercaya menjabat sebagai Kepala Pemasaran di Kantor Cabang IX Denpasar 1991–1997. Pada periode yang sama, ia juga ditunjuk menjadi kepala proyek-proyek besar terkait sumber daya air di Kantor Cabang IX Denpasar.

Bekerja di Denpasar selama empat tahun, Desi dipromosikan menjadi Kepala Cabang NTB di Mataram. Pada 2002–2005, dia kembali diangkat menjadi Wakil Kepala Daerah III Surabaya. Lalu pada 2005 hingga 2008, Desi menjabat sebagai Kepala Divisi III Jakarta.

Setahun kemudian, Desi diangkat menjadi Kepala Divisi Sipil Jakarta. Kemudian pada 2009–2010, dia difungsikan sebagai Kepala Divisi II Jakarta. Enam tahun kemudian, Desi pun dipercaya oleh Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menjadi Direktur Utama PT Jasa Marga.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini