Image

SURVEI OKEZONE FINANCE: Tax Amnesty Digugat, Tanpa Persiapan, dan Sulit Capai Target

Selasa 13 September 2016, 06:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 09 20 1485827 survei-okezone-finance-tax-amnesty-digugat-tanpa-persiapan-dan-sulit-capai-target-GHwuoFNmqS.jpg (Foto: Ant)

JAKARTA – Survei Okezone Finance kali ini mengulas perjalanan tax amnesty yang ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak ganjalan, hambatan, dan rintangan yang harus diselesaikan. Bahkan, wacana penghentian tax amnesty pun sudah bergulir.

Salah satunya adalah gugatan judicial review Undang-Undang (UU) Tax Amnesty ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang datang bertubi-tubi. Setelah serikat buruh, teranyar adalah salah satu ormas terbesar di Indonesia, Muhammadiyah, juga bakal memperkarakan tax amnesty.

Seiring gugatan ini, muncul desakan agar pelaksanaan tax amnesty seharusnya ditunda terlebih dulu, sambil menunggu kepastian hukum.

"Pemerintah tolong, sebenarnya ini sedang dalam perkara. Seyogianya di-pending supaya tidak terjadi diskriminasi, masyarakat tidak ikut dulu. Di mana-mana kalau lagi sengketa kan di-pending," kata Advokat Penggugat Gabungan Serikat Buruh, Eggy Sudjana, di Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun mengakui jika pelaksanaan tax amnesty terlalu terburu-buru. Menurut dia, seharusnya sosialiasi tax amnesty dilakukan jauh-jauh hari sebelum Undang-Undang Tax Amnesty disahkan.

"Apalagi ada UU yang sangat singkat. Seharusnya lakukan ini (sosialisasi) sebelum UU disahkan," tegas Sri Mulyani di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Kamis 1 September 2016.

Alhasil, realisasi tax amnesty berjalan sangat seret. Sangat jauh dari yang diharapkan. Dari target dana tebusan sebesar Rp165 triliun yang ditetapkan pemerintah, realisasinya baru mencapai Rp8,53 triliun, baru 5,2 persen dari target tersebut (data Minggu 11 September 2016 pagi)

Dalam Survei Okezone Finance kali ini, sejumlah permasalahan tax amnesty ditanyakan kepada para analis, pengamat, pengusaha, praktisi, serta stakeholder yang terkait.

Berikut ini pertanyaan dan rangkuman hasilnya yang diajukan Survei Okezone Finance:

(Next page)

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini