Mendag: Filipina Prioritaskan Rumput Laut Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 15 September 2016 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 15 320 1489784 mendag-filipina-prioritaskan-rumput-laut-indonesia-bhd4HsRGI9.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan tamu kehormatan negara Presiden Filipina Rodrigo Duterte beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan ada sejumlah hal positif yang di dapatkan Indonesia khususnya akses perdagangan.

"Saya bicara dengan Mendag (Filipina) mereka mau memberikan prioritas masuk dari kita, antara lain rumput laut. Mereka memerlukan banyak," ujarnya di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Enggartiato mengatakan, sebenarnya Indonesia juga membutuhkan banyak rumput lau, namun dalam proses ekspor rumput laut ke Filipina akan dilihat jumlah produksinya terlebih dahulu.

'Kalau kita surplus baru kita ekspor, kalau pasar sudah cukup, yang tadinya terbuang kita dorong saja, karena secara relatif tidak terlalu sulit," ujarnya.

Selain itu Presiden Filipina meminta Indonesia untuk tetap menjaga ekspor batu bara ke Filipina. Filipina pun memberikan pengamanan ekstra pasca adanya penahanan WNI oleh kelompok Abu Syaf.

"Mereka berharap betul kepada kita untuk tidak memberhentikan ekspor batu baranya," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini