nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

YLKI Nilai Ada Kepentingan Politik dalam Pelarangan Minuman Alkohol

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Rabu 21 September 2016 17:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 21 320 1495112 ylki-nilai-ada-kepentingan-politik-dalam-pelarangan-minuman-alkohol-n59PMa3RsV.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memandang Rancangan Undang-Undang (RUU) Larangan Minuman Berakohol harus dikritisi. Disinyalir keberadaannya hanya mengakomodir sejumlah pihak tertentu.

"YLKI memandang ada kecenderungan politik legislasi di Indonesia, itu hanya akomodir segelintir kelompok," ucap Anggota Pengurus Harian YLKI, Sudaryatmo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Menurut dia, seharusnya pemerintah lebih baik mengatur komposisi batasan kandungan alkohol dalam suatu produk saja. Sebab, ada beberapa produk yang misalnya saja produk kecantikan juga komposisinya mengandung alkohol namun tidak dilarang peredarannya.

"Kalau kita beli mangga, kandungan gulanya berapa. Nah itu lebih informatif bagi konsumen, lebih mendewasakan konsumen," tuturnya.

Untuk itu, produsen dituntut seharusnya bisa menyediakan informasi pada suatu produk selengkap-lengkapnya. Tidak perlu harus dilarang dari segi manapun.

"Enggak perlu harus dilarang macam-macam. Informasi tadi saja diimplementasikan. Tapi di saat yang sama edukasi konsumennya dilakukan," tuturnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini