nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Turun 4 Peringkat dari Daftar Negara Paling Kompetitif

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 29 September 2016 05:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 28 320 1501086 indonesia-turun-4-peringkat-di-daftar-negara-paling-kompetitif-QNb4nsCsSS.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - World Economic Forum (WEF) kembali merilis Global Competitiveness Report atau daftar negara paling kompetitif di dunia. Dalam daftar tersebut, Indonesia kembali mengalami penurunan peringkat.

Melansir data WEF, posisi Indonesia kini berada di peringkat 41, turun empat peringkat. Meski Indonesia banyak melakukan reformasi untuk lingkungan bisnisnya, namun kinerja Indonesia masih menjadi sorotan.

Indonesia masuk dalam peringkat ke-10 untuk ukuran pasar, posisi ke-30 dalam kekuatan pilar ekonomi makro, terlepas dari booming komoditas, dan posisi ke-31 untuk inovasi. Indonesia pun berhasil naik tujuh tingkat, dalam hal pengembangan keuangan.

Sayangnya, Indonesia terpuruk di bawah posisi 100 dalam hal kesehatan dan pendidikan dasar dan berada di posisi ke 108 dalam hal efisiensi pasar tenaga kerja sebagai akibat dari berbagai kekakuan dan redundansi yang menyebabkan biaya tersebut mencapai satu tahun gaji. Selain itu, Indonesia menempati posisi 115 pada tingkat partisipasi tenaga kerja perempuan.

Indonesia juga menempati rendah di 91 dalam hal kesiapan teknologi karena penetrasi information and communications technology (ICT) masih rendah. Pasalnya, hanya seperlima dari populasi di Indonesia menggunakan internet dan hanya ada satu koneksi broadband untuk setiap 100 orang. Namun, teknologi penyerapan oleh perusahaan lebih luas.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini