nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi Menteri Rini Gabungkan Hotel-Hotel Milik Anak Usaha BUMN

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 18:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 28 470 1501087 strategi-menteri-rini-gabungkan-hotel-hotel-milik-anak-usaha-bumn-PBZqhVJBtk.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah sementara ini belum menargetkan besaran market yang akan disasar oleh Hotel Indonesia Group (HIG).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pihaknya untuk saat ini menekankan bahwa dengan adanya HIG tersebut program pariwisata dapat didukung.

Pasalnya, menurut Rini saat ini tempat penginapan yang tersedia tidak seimbang dengan banyaknya destinasi wisata yang ada di Indonesia. (Baca juga: Menteri Rini Minta BUMN Jangan Saling 'Cakar-cakaran')

"Ini kan banyak destinasi sekarang itu untuk hospitality untuk penginapan tidak tersedia, kita BUMN harus masuk situ dulu," kata Rini, saat Grand Launching Hotel Indonesia Group, di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Rini menjelaskan, pihaknya mengkonsolidasikan secara operasional dengan terbentuknya HIG ini melalui penetapan standarisasi kualitas pelayanan. (Baca juga: Menpar Dorong BUMN Kembangkan Homestay)

"Jadi kita menstandarkan operasionalnya, tapi kepemilikan masih dipegang di tempat masing-masing. Jadi kita standarkan kualitas service, pemasaran bersama sehingga menjadi satu hotel chain group BUMN," kata Rini.

Dia pun meyakini bahwa ke depannya masih banyak BUMN yang memiliki hotel untuk menggabungkan diri.

"Dan ini memang baru sebagian, kan ini total 36, ke depannya saya yakin masih banyak yang lain yang punya seperti Karya, PT Pos, ini mau kita satukan semua. Yang paling utama itu standarnya seperti apa, standar kamarnya, service-nya, kualitas makanannya SDA-nya," paparnya.

Rini menambahkan, selain hotel, dia juga berencana untuk menyatukan BUMN yang memiliki rumah sakit (RS) menjadi satu grup perusahaan.

"Kedua, sekarang kita finalisasi sebelum akhir tahun itu RS. Jadi di BUMN ini banyak anak-anak dari BUMN yang punya RS, nah ini akan kita jadikan seperti hotel juga, kalau hotel virtual holding tapi kalau RS sedang disiapkan," pungkas Rini.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini