Share

Jokowi Tak Bisa Bayangkan 17.000 Pulau di Indonesia Tanpa Internet

Hendra Kusuma, Okezone · Kamis 29 September 2016 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 29 320 1502196 jokowi-tak-mampu-bayangkan-17-000-pulau-di-indonesia-tanpa-internet-BPoJxO3Uwf.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak dapat membayangkan jikalau 17.000 pulau di Indonesia tidak sama sekali tersambung oleh internet atau yang kerap disebut sistem IT.

Jokowi menilai, semua wilayah di Indonesia sangat membutuhkan internet. "Kalau tidak disiapkan benar, saya enggak bisa membayangkan karena sekali negara kita ini 17.000 pulau," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Jokowi menyebutkan, proyek palapa ring menjadi jawaban bagi pemerintah untuk menyediakan sistem IT hingga pelosok Indonesia. "Bayangkan kalau enggak ada serap optik ini yang menjangkau semua pulau, baik untuk telekomunikasi, baik untuk e-commerce, semuanya sangat diperlukan," tambahnya.

Menurut Jokowi, proyek palapa ring sangat penting bagi Indonesia untuk membuat logistik platform. Apalagi, market industri berbasis aplikasi di Indonesia sudah berkembang.

Nantinya, kata Jokowi, diharapkan produk-produk industri kecil, produk di desa dan di wilayah terpencil dapat diakomodasikan melalui platform tersebut.

"Inilah nanti yang mempersatukan kita, konektivitas itu bukan hanya tol laut, konektivitas itu bukan hanya pelabuhan, jalan tol, bukan itu saja, tol informasi ini sangat diperlukan juga untuk jangkauan ke depan," kata dia.

Mantan Wali Kota Solo ini menuturkan, pemerintah siap mendorong percepatan pada proyek-proyek strategis. "Inilah persiapan yang selalu terus saya dorong agar cepat, agar cepat, agar cepat. Enggak bisa tidak, harus. Betapa sangat mudahnya antara petani dan konsumen kalau dihubungkan dengan e-dagang," tandasnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini