Jaga Pengeluaran Anggaran, Kemenpan RB Terapkan E-Budgeting

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Jum'at 30 September 2016 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 20 1502455 jaga-pengeluaran-anggaran-kemenpan-rb-terapkan-e-budgeting-kM0OfGdvWf.jpg Ilustrasi : Shutterstock

BANDUNG - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerapkan sejumlah quick win atau program prioritas. Beberapa program tersebut diharapkan bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abnur mengatakan, implementasi program-program dimaksud bisa membuahkan legacy yang bermanfaat.

"Kami telah menetapkan sejumlah quick win sebagai program prioritas, sesuai arahan Presiden," ujar Asman di Bandung, Kamis malam.

Asman menjelaskan, program tersebut salah satunya adalah percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi. Dalam hal ini ditekankan bahwa pentingnya penerapan pemerintahan berbasis elektronik, yang salah satunya berupa e-performance base budgeting atau yang dikenal dengan e-budgeting. "Setiap anggaran yang keluar harus terukur, " ujarnya.

Selain itu, penerapan dan evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) untuk seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun Pemda.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini