Image

World Bank: Konsumsi Domestik Selamatkan Ekonomi Asia Pasifik

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2016, 11:39 WIB
https img okeinfo net content 2016 10 05 20 1506585 world bank konsumsi domestik selamatkan ekonomi asia pasifik 8M2HvpaOKz jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA – World Bank (Bank Dunia) mencatat, ekonomi negara berkembang besar di Asia seperti China (Tiongkok) dapat bertahan berkat adanya peningkatan konsumsi domestik. Bahkan, konsumsi domestik inilah yang diproyeksi dapat menopang ekonomi China pada level di atas 6 persen.

"Tiongkok akan terus melakukan transisi ke pertumbuhan yang lebih lamban namun lebih berkelanjutan. Dari 6,7 persen tahun ini ke 6,5 persen di tahun 2017 dan 6,3 persen di tahun 2018," ujar Kepala Ekonom Bank Dunia di Kawasan Asia Timur dan Pasifik Sudhir Shetty melalui video conference di Singapura, Rabu (5/10/2016).

Tak hanya China, ekonomi negara lainnya di kawasan regional Asia Timur dan Pasifik juga diproyeksi dapat meningkat berkat sektor konsumsi dalam negeri. Menurut Wakil Presiden Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa, konsumsi domestik dapat mengimbangi pelemahan ekonomi global yang saat ini masih dihadapi oleh berbagai negara di Dunia.

"Proyeksi untuk kawasan berkembang Asia Timur dan Pasifik tetap positif. Melemahnya pertumbuhan global dan permintaan eksternal bisa diimbangi oleh konsumsi domestik dan investasi yang kuat," tutur Victoria.

Bank Dunia pun memperkirakan permintaan domestik akan tetap kuat di hampir seluruh kawasan. Hal ini sedikitnya juga didukung oleh harga komoditas yang terus menurun sehingga akan menguntungkan importir komoditas dan menjaga inflasi tetap rendah di hampir semua kawasan.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini