Kepala BKPM Sebut Insentif Pajak di Luar Negeri Lebih Menggiurkan

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2016 21:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 07 20 1509210 kepala-bkpm-sebut-insentif-pajak-di-luar-negeri-lebih-menggiurkan-wymh95Pjkg.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Insentif pajak di Indonesia hingga saat ini terus diberikan oleh pemerintah kepada dunia usaha. Hanya saja, hingga saat ini insentif pajak di Indonesia dinilai masih kurang menggiurkan dibandingkan negara lainnya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menuturkan, banyak negara di kawasan regional Asia Tenggara yang memberikan insentif pajak yang lebih rendah dari Indonesia. Untuk itu, Indonesia harus dapat memberikan tawaran yang lebih menarik agar dapat meningkatkan nilai investasi.

"Negara-negara tetangga semuanya menawarkan tax allowance dan tax holiday yang sangat menggiurkan. Jadi kami juga dari waktu ke waktu benchmarking membandingkan apakah punya kita masih menarik dibanding tawaran-tawaran dari negara saingan," kata Tom, sapaan akrabnya, di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Namun, hal ini dianggap bukanlah sebagai sesuatu yang besar bagi Thomas Lembong. Sebab, selama ini pemerintah telah melakukan evaluasi secara berkala terkait program pemberian insentif bagi pengusaha.

"Ini urusan kecil. Tax allowance dan tax holiday ini urusan kecil. Ya tentunya kita evaluasi dari waktu ke waktu bagaimana tax amnesty dan tax holiday berjalan, karena itu juga salah satu dimensi persaingan internasional untuk menarik investasi," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini