Carry Over Akibat Tunda Anggaran, Kemenkeu Evaluasi Tiap Bulan

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2016 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 10 320 1510748 carry-over-akibat-tunda-anggaran-kemenkeu-evaluasi-tiap-bulan-vbdO8XF9ah.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Keputusan pemerintah untuk memangkas anggaran jelang akhir tahun 2016 cukup menjadi beban bagi pemerintah daerah. Penyebabnya, banyak proyek pembangunan yang ditunda pembangunannya hingga tahun berikutnya (carry over).

Direktur Jenderal Anggaran Askolani menuturkan, Kementerian Keuangan telah menerima daftar apa saja pembangunan berbagai proyek yang akan dilanjutkan pada tahun depan. Namun, terkait besaran carry over, Kemenkeu masih lakukan kajian setiap bulannya.

"Carry over anggaran, kemenkeu sudah terima dan mereka sedang list. (Untuk jumlah) belum tahu. Kami masih evaluasi tiap bulan," tuturnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (10/10/2016).

Namun, Askolani memastikan, hal ini tidak akan membebani anggaran Kementerian atau Lembaga pada tahun berikutnya. Sebab, dana untuk pembangunan yang ditunda pada tahun berikutnya akan disiapkan secara khusus oleh pemerintah.

"Nanti K/L-nya menyesuaikan lah. Tak ada istilah terbebani. Jadi menyesuaikan mana prioritasnya, prioritas diutamakan," kata Askolani.

"Jadi ini bukan anggaran kegiatan. Kegiatan tetap dilaksanakan. Bisa saja kewajiban bisa juga kegiatan. Jadi dua-duanya di-combine," tuturnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini