Sri Mulyani Instruksikan Perbaikan Belanja Pemerintah hingga Akhir Tahun

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 12 Oktober 2016 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 12 320 1513101 sri-mulyani-instruksikan-perbaikan-belanja-pemerintah-hingga-akhir-tahun-tanMptYnCI.jpg Sri Mulyani (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemangkasan Anggaran telah dilakukan oleh pemerintah. Tak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah pun terkena dampak pemangkasan anggaran pada tahun ini.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, pemangkasan anggaran ini sedikit banyaknya berdampak pada belanja modal pemerintah. Namun, belanja modal pada tahun ini diyakini dapat lebih baik dibandingkan pada tahun lalu.

"Sesudah dikurangi pemotongan. Saya tidak bisa melakukan penajaman angka. Nanti dilihat. Sekarang diperbaiki saja mereka belanjanya sampai akhir tahun kalau bisa terserap semua bagus, kalau tidak ya biasanya tahun-tahun sebelumnya 5 persen tidak terserap. Mungkin karena yang ini mereka sudah melakukan persiapan lebih maju jadi bisa lebih tinggi," kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Hanya saja, apabila dilihat secara keseluruhan baik pemerintah pusat dan daerah, total belanja modal berpotensi menurun hingga akhir 2017. Kendati demikian, besarnya belanja untuk sektor pembangunan infrastruktur diperkirakan dapat meningkatkan total belanja modal meskipun terdapat pemangkasan anggaran pada tahun ini.

"Sebenarnya tidak keren kalau dari sisi belanja modal. Karena ada penyesuaian terhadap belanja modal kemarin Rp64 (triliun). Jadi beberapa pengeluaran yang memang dipotong ya dikurangi, kalau yang belanja modal kan yang kita harapkan untuk infrastruktur memang diluncurkan tahun depan," tutupnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini