Share

OJK Minta Perbanas Persiapkan SDM Berkualitas

Feby Novalius, Okezone · Kamis 13 Oktober 2016 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 13 320 1513519 ojk-minta-perbanas-persiapkan-sdm-berkualitas-lyGRf6ZTiD.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menyebut, saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyusun peta jalan (roadmap) Sumber Daya Manusia (SDM) perbankan dalam lima tahun ke depan. Roadmap tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas SDM khususnya di bidang perbankan guna menghadapi Asean Financial Services & Banking Integration 2020.

Oleh sebab itu, dirinya meminta agar Perhimpunan Bank-Bank Nasional (Perbanas) dapat menghasilkan suatu masukan bagi OJK perihal peningkatan kualitas SDM tersebut.

"Kita sedang susun peta jalan SDM perbankan dalam lima tahun ke depan. Saya harap dengan ini betul-betul ada masukan bagaimana meningkatkan kompetensi. Saya berharap mudah-mudahan roadmap ini tidak hanya berlaku diperbankan, tapi berlaku juga untuk industri keuangan lain," ujarnya, di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Menurut Muliaman, perkembangan perbankan dan industri keuangan dalam negeri masih mengalami perkembangan. Peningkatan tersebut selaras dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan bertumbuhnya kelompok kelas menengah ke bawah.

Selain itu, bonus demografi yang dimiliki Indonesia menjadikan bisnis keuangan meningkat. Sebab, permintaan terhadap jasa keuangan masyarakat semakin besar, hal itu menyebabkan pilihan produk keuangan mulai bergeser dari jasa keuangan tradisonal.

"Hal ini yang harus diperhatikan SDM karena peluang besar pelaku keuangan di Indonesia terus berkembang," ujarnya. (dng)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini