Share

Apersi Tingkatkan Program Rumah Murah

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 15 Oktober 2016 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 15 470 1515528 apersi-tingkatkan-program-rumah-murah-4nfOBbiKN9.jpg Foto rumah murah. (Foto: Feby/Okezone)

PALEMBANG – Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) berkomitmen meningkatkan program pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

Ketua DPD Apersi Sumsel Syamsu Rusman mengatakan, pihaknya mendorong pemerataan kesempatan bagi masyarakat Sumsel untuk memiliki rumah. Sebab, saat ini masyarakat masih sulit memiliki rumah karena belum ada dukungan pihak perbankan untuk merealisasikan pinjaman KPR pada masyarakat.

“Ini program yang tengah di - dorong oleh DPD Apersi Sumsel kepada calon Ketua DPP Apersi yang akan melaksanakan mu nas pada akhir tahun ini,” ujar Syamsu saat bersilaturahmi dengan bakal calon Ketua DPP Apersi, Junaidi Abdillah di Palembang.

Dia menilai, pemerintah sudah cukup memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan rumah layak tinggal, lewat subsidi perumahan. Namun, kebijakan tersebut tidak sampai pada masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap.

“Maksudnya, masyarakat yang mampu membayar kredit perumahan, tetapi tidak memiliki penghasilan yang sama setiap harinya. Seperti pedagang di pasar, ataupun pekerjaan lainnya. Tetapi hasil yang mereka dapatkan sebenarnya melebihi mereka yang berpenghasilan tetap perbulannya,” kata Syamsu.

Kondisi inilah yang membuat masyarakat cukup kesulitan mendapatkan rumah layak tinggal. Karena syarat perbankan tidak dimiliki oleh masyarakat berpenghasilan tidak tetap. “Ini yang kami titipkan kepada calon ketua baru DPD Apersi yang akan melaksanakan musda pada akhir tahun ini,” tandasnya.

Bakal calon Ketua DPP Apersi Junaidi Abdillah mengatakan, Apersi sangat mendukung agar masyarakat mendapat kemudahan mendapatkan rumah murah. Mereka juga mendorong agar masyarakat mudah mendapat kredit KPR dari perbankan.

Dia mengungkapkan, salah satu program yang akan diusungnya dalam Apersi yakni penguatan konsolidasi antar DPD di seluruh wilayah Indonesia. Program lainnya, pelatihan bagi para pengusaha perumahan agar mampu meningkatkan produksi perumahan, penjualan, dan marketing.

“Karena produk perumahan ini bukan hanya harus baik dalam penjualan dan pemasaran, tetapi juga produk yang dihasilkan harus baik dan bermutu,” tegas dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini