Image

SURVEI OKEZONE FINANCE: Mayoritas Setuju Cukai Rokok Naik

Trio Hamdani, Jurnalis · Minggu 16 Oktober 2016, 11:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 16 20 1516068 survei-okezone-finance-mayoritas-setuju-cukai-rokok-naik-412pJB4Sl0.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA – Survei Okezone Finance kali ini mengulas kebijakan kenaikan cukai rokok melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 147/PMK.010/2016 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 179/PMK.011/2012 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau yang mengalami banyak ganjalan, hambatan, dan rintangan yang harus dihadapi oleh pemerintah.

Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Sofjan Wanandi mengatakan, kenaikan cukai rokok dapat menjadi pertimbangan industri rokok giling untuk mempertahankan pekerjanya. Sebab, ada ketidakseimbangan antara penjualan dengan produksi dan dengan banyaknya tenaga kerja. Industri tersebut sudah menyatakan keluhan kepada Apindo sejauh ini.

Di sisi lain Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan, pengenaan cukai sebaiknya dilakukan bertahap. Pasalnya, kenaikan cukai mempengaruhi jumlah produksi industri rokok.

Haryadi mengatakan, selain produksi menurun kenaikan cukai berimbas pada Pemutusan Hubungan Kerja. Imbas kenaikan cukai ini dapat berefek ganda dari hulu hingga hilir industri rokok tersebut.

"Produksi turun, pengurangan karyawan, dan tidak hanya itu petani tembakau juga akan terkena" tuturnya.

Member of Board Directors HM Sampoerna Yos Adiguna Ginting menyampaikan peringatan kepada pemerintah agar berhati-hati dalam menaikan cukai rokok. Sebab industri ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional, bahkan cukai rokok juga menyumbang penerimaan negara cukup besar.

Yos juga memperingatkan pemerintah, jika cukai rokok naik dan menghantam industri, maka bukan tidak mungkin akan banyak muncul rokok-rokok ilegal. Hal itu sudah diungkapkan melalui riset yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada (UGM).

Dalam Survei Okezone Finance kali ini, sejumlah topik terkait kenaikan harga cukai rokok ditanyakan kepada para analis, pengamat, pengusaha, praktisi, serta stakeholder yang terkait.

Berikut ini pertanyaan dan rangkuman hasilnya yang diajukan Survei Okezone Finance:

(Next Page)

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini