Image

Cara Sri Mulyani Pastikan Dana Tax Amnesty Tak Dikorupsi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016, 22:02 WIB
https img o okeinfo net content 2016 10 17 20 1517358 cara sri mulyani pastikan dana tax amnesty tak dikorupsi Npj6SUV9dZ jpg Foto Sri Mulyani (Humas Ditjen Bea Cukai)

JAKARTA - Program pengampunan pajak atau tax amnesty telah memasuki periode kedua. Berbagai program sosialisasi pun hingga saat ini masih dilakukan.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, program tax amnesty merupakan salah satu program yang dapat memperbaiki hubungan antara dunia usaha dengan pemerintah. Sebab, selama ini pengusaha cenderung tidak percaya dengan pemerintah dalam hal perpajakan.

"Kenapa kita perlu tax amnesty? Dia hanya satu bagian untuk menyambungkan tali kepercayaan antara masyarakat dan negara. Untuk itu dibuat program pengampunan pajak agar masyarakat yang selama ini tidak patuh agar patuh. Sekarang kita beri kesempatan," kata Sri Mulyani di Gedung Djakarta Theater XXI, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Sri Mulyani menuturkan bahwa masyarakat tak perlu takut untuk ikut tax amnesty. Bahkan, bagi masyarakat yang khawatir dengan dana tax amnesty yang akan dikorupsi, maka hal ini diharapkan tak menjadi alasan bagi wajib pajak untuk tidak ikut tax amnesty.

"Ada yang bilang apakah untuk korupsi? Itu bukan alasan untuk tidak ikut tax amnesty," tuturnya.

Sri Mulyani pun meyakinkan masyarakat bahwa dana ini tak akan digunakan untuk korupsi. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem berbasis teknologi pada akses data perpajakan.

"Dia bukan satu-satunya kebijakan reformasi perpajakan. Jadi kami akan tetap benahi aparat pajak. Matching segala informasi. Direktorat Jenderal Pajak harus bersih dari korupsi," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini