Image

Sri Mulyani: Tak Gampang Belanjakan APBN!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016, 22:25 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 17 20 1517368 sri mulyani tak gampang belanjakan apbn Yu3Pm9h1Lv jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Realisasi penyerapan APBN selama ini tak pernah mencapai 100 persen. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, hal ini disebabkan karena sulitnya untuk membelanjakan anggaran negara pada sektor yang telah ditetapkan.

"Kalau sekarang kita bilang susahnya mengumpulkan penerimaan. Lalu kita lihat bagaimana membelanjakan. Apabila kita bilang membelanjakan itu gampang, itu adakah asal muasal masalah," kata Sri Mulyani di Gedung Djakarta Theater XXI, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Menurut Sri Mulyani, setiap realisasi pembelanjaan harus disesuaikan dengan kebutuhan negara jangka panjang. Sebab, selama ini pemerintah lebih banyak melakukan pemborosan dengan memberikan subsidi kepada seluruh lapisan masyakarat.

"Ini harus dikompromikan dengan belanja yang sembrono dan tidak efektif. Ada yang punya belanja besar tapi tidak efektif rakyat tidak menikmati. Ada yang jadi subsidi dan pemborosan yang sama sekali tidak digunakan," tuturnya.

Sri Mulyani pun mengajak anak muda di Indonesia untuk dapat berkontribusi untuk meningkatkan efektifitas serapan APBN. Salah satunya adalah dengan memberikan saran dan masukan pada berbagai sektor kepada pemerintah.

"Saya ajak anak muda yang nantinya paling dirugikan atau diuntungkan dari APBN. Kalian bisa menggunakan dana untuk generasi yang lainnya. Jadi silakan untuk diawasi," tuturnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini