Image

Pentingnya Pajak untuk Hapus Kemiskinan

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016, 22:32 WIB
https img o okeinfo net content 2016 10 17 20 1517370 pentingnya pajak untuk hapus kemiskinan Xm1EvKkYhC jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Indonesia dianggap masih memiliki rasio penerimaan pajak yang relatif rendah. Padahal pajak dinilai bisa membantu tumbuhnya perekonomian dan mengatasi kemiskinan serta kesenjangan.

"Negara membutuhkan pendapatan yang terutama berasal dari pajak," ujar Sri Mulyani, Jakarta, Senin (15/10/2016).

Dirinya mengatakan betapa urgensinya dan begitu pentingnya untuk menjadikan perpajakan itu sebagai tulang punggung yang mendesak bagi negara ini.

"Yang mampu (diminta) bersedia dan patuh membayar pajak untuk kita kemudian menggunakan bagi masyarakat kita yang tidak mampu," katanya.

Dia menambahkan betapa pentingnya pajak karena itu merupakan identitas bagi sebuah negara yang menyatakan dirinya negara berdaulat. Hal itu pula yang mendasarinya dalam membuat kebijakan mengenai Tax Amnesty.

"Kenapa kita perlu melakukan tax amnesty, dia adalah bagian dari keseluruhan reformasi perpajakan,” ucapnya.

Dirinya juga mengakui betapa sulitnya mengumpulkan penerimaan pemasukan bagi negara. Bahkan dia mengatakan lebih mudah membelanjakan keuangan negara ketimbang mengumpulkannya.

"Ada yang mengatakan saya tidak mau bayar pajak karena saya tidak tahu uangnya akan dikorupsi atau tidak. Tapi itu bukan alasan,” terangnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini