Image

Alasan Harga Rumah Kian Mahal di Semester III

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016, 17:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 17 470 1517080 alasan-harga-rumah-kian-mahal-di-semester-iii-NTZvqHh3Vv.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pergerakan pasar perumahan yang sudah menunjukkan tren kenaikan di awal Semester III-2016 ini merupakan akibat dari kondisi pasar yang telah berada di dasar siklus.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan, kenaikan harga rumah dan tanah pada awal semester ini seiring dengan mulai naiknya permintaan pasar.

"Potensi pembangunan infrastruktur yang sebagian sedang dilaksanakan terus berdampak bagi kenaikan harga rumah. Selain itu juga pihak perbankan mulai mendorong pasar perumahan dengan menawarkan suku bunga rendah," ujar Ali seperti dilansir laman resmi IPW, Senin (17/10/2016). (Baca juga: Penjualan Perumahan Take Off di Semester II)

Lanjut Ali, likuiditas perbankan yang tinggi juga membuat perbankan berlomba-lomba untuk mengucurkan kreditnya. Belum lagi potensi dana repatriasi hasil tax amnesty yang terbilang sukses dengan capaian mencapai Rp132 triliun di tahap pertama.

"Pasar bersiap untuk bangkit lagi di tengah banyak potensi kebijakan yang pro pasar perumahan dan properti. Dana repatriasi akan menjadi faktor pendorong yang juga akan berdampak luar biasa bagi perkembangan pasar perumahan dan properti nasional," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini