Image

Belum Roboh, Gedung Tua Bintaro Ditimbun 400 Ton Pasir

Denny Irawan (Koran Sindo), Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016, 18:34 WIB
https img o okeinfo net content 2016 10 17 470 1517151 belum roboh gedung tua bintaro ditimbun 400 ton pasir KHqivtdewU jpg Foto: Okezone

TANGERANG – Gedung Panin Bank yang berada di Panin Bank di Bintaro, Sektor 7, Kota Tangsel hingga kini belum juga dirobohkan. Padahal rencana tersebut sudah bergulir sejak Jumat, 14 Oktober 2016.

Pihak kontraktor PT Wahana Infonusa akan kembali menimbun pasir di atas gedung tersebut menjadi 400 ton.

“Hingga saat ini sudah ada 180 ton di atas sana, kita akan membebani kembali mencapai 400 ton,” ujar Ari Yudhanto, Project Manager PT Wahana Infonusa yang ditunjuk Bank Panin sebagai perusahaan yang melakukan peruntuhan gedung tersebut.

Menurutnya, hal itu merupakan hasil evaluasi pihak PT Wahana Infonusa dengan Tim Ahliu Bangunan dari Pemkot Tangsel. Ari mengatakan, hasil koordinasi dengan Polres Kota Tangsel bahwa pekerjaan akan tetap dilakukan hanya saja dilakukan malam hari. (Baca juga: Gedung Roboh, Ini Penjelasan Pengelola Bintaro Jaya)

“Selain itu jalan juga tidak ditutup karena menimbulkan kemacetan parah. Jadi yang fly over enggak ditutup jalannya,” ujarnya.

Selanjutnya, metode peruntuhan gedung tersebut menurut Ari, akan menggunakan metode dinamis. Dimana selain membebani dengan pasir, akan digunakan juga penarik beton yang ada paling atas gedung.

“Kita pasang sling untuk ditarik betonnya, ini namanya pembebanan metode dinamis,” terangnya.

Ditanya apakah pihaknya salah hitung kekuatan gedung itu, Ari mengakui, hal itu karena secara umum gedung paling atas biasanya daya dukung bebannya sekitar 250 kilogram. Namun, ternyata sudah diperkuat menjadi 800 kilogram.

“Tapi sebenarnya bukan di luar perkiraan kita, hanya saja kita memang tidak dilengkapi gambar gedung. Sehingga kita melihat secara umum seharusnya daya dukungnya paling atas itu 250 kg, ternyata sudah diperkuat menjadi 800 kg,” terangnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini