Image

Langkah Sri Mulyani Hadapi Singapura Dinilai Luar Biasa

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 12:54 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 18 20 1517749 langkah sri mulyani hadapi singapura dinilai luar biasa ctD5j6yBQn jpg Sri Mulyani (Foto: Antara)

JAKARTA - Singapura telah beberapa kali mencoba untuk menghambat program tax amnesty. Terakhir, terdapat kabar bahwa peserta tax amnesty akan dikriminalisasi oleh Singapura.

Hal ini pun segera direspons oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghubungi otoritas terkait di Singapura pada 16 September lalu. Hal ini diapresiasi oleh anggota Komisi XI DPR.

"Singapura sempat beberapa kali menghambat. Tapi Ibu Sri Mulyani memberikan respons yang luar biasa dengan cara telefon langsung. Ini sangat luar biasa," kata Anggota Komisi XI DPR RI Jon Erizal di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Seperti diketahui, tax amnesty beberapa waktu lalu kembali menemui hambatan dari Singapura. Pasalnya, lembaga internasional yang bertugas menangani masalah pencucian uang, Financial Action Task Force (FATF) akan memanfaatkan program pengampunan pajak untuk menahan para Wajib Pajak (WP) dengan alasan penghindaran pajak.

Sri Mulyani pun meyakinkan otoritas Singapura bahwa dana yang dilaporkan dalam tax amnesty tidak perlu diperiksa. Pasalnya, dana tersebut telah diizinkan untuk masuk ke Indonesia tanpa diketahui asal muasalnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini