Image

Dengar Curhatan Tunjangan Petugas Pajak Dipangkas, Ini Tanggapan Menkeu

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 17:15 WIB
https img k okeinfo net content 2016 10 18 20 1518070 dengar curhatan tunjangan petugas pajak dipangkas ini tanggapan menkeu C96GnF02dW jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani hari ini menerima keluhan dari anggota DPR RI terkait tunjangan bagi pegawai pajak. Keluhan ini disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia.

Menurut Indah, terdapat salah satu pegawai pajak asal Surabaya yang mengeluhkan mengenai pemangkasan tunjangan. Hal ini dianggap tidak sebanding dengan kinerja yang dilakukan selama pelaksanaan program pengampunan pajak.

"Ada keluhan dari salah satu pegawai pajak, dia bilang tunjangan kinerjanya dipangkas. Padahal sudah bekerja keras," ujarnya di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Menurut Indah, petugas pajak ini mengeluhkan pemangkasan ini disebabkan karena penerimaan negara dalam sektor perpajakan tidak tercapai. Namun, tidak dikonfirmasi berapa pemangkasan tunjangan yang dilakukan.

"Ini sebagai konsekuensi penerimaan negara yang tidak tercapai. Jadi kita minta Ibu memperhatikan pegawai pajak ini. Jangan sampai mereka tidak diapresiasi padahal sudah bekerja keras," tuturnya.

Menanggapi hal ini, Sri Mulyani berencana akan memberikan penghargaan berupa bunga kepada para pegawai pajak yang telah banyak berkontribusi dalam pelayanan tax amnesty. Hanya saja, saat ini rencana tersebut masih dalam tahap kajian.

"Apakah akan mendapatkan tunjangan kerja? Nanti kita lihat, yang penting adalah nilai dan semangat. Kita akan lihat dari sisi aturan yang mengaturnya. Kalau ada diskresi akan dilakukan sesuai UU," tutur Sri Mulyani.

Semangat kerja yang dimiliki oleh pegawai pajak menjadi salah satu pertimbangan Sri Mulyani untuk memberikan bonus. Hanya saja, pengembangan SDM nantinya tetap akan dilakukan agar pegawai dalam lingkungan Kementerian Keuangan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini