Image

Kemenkeu: Butuh Waktu Lama Lakukan Inventarisasi Aset

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 19:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 18 20 1518200 kemenkeu-butuh-waktu-lama-lakukan-inventarisasi-aset-5C1tqaGklG.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan saat ini berencana akan melakukan inventarisasi aset. Hal ini dilakukan karena pemerintah berencana memanfaatkan aset negara sebagai jaminan untuk penerbitan surat berharga syariah negara (SBSN).

Hanya saja, inventarisasi aset ini butuh waktu yang lama. Menurut Direktur Jenderal Kekayaan Negara Sonny Loho, butuh waktu hingga empat tahun lebih apabila inventarisasi aset dilakukan secara nasional.

"Aset kita ada berapa puluh juta itemnya. Di DPR ini saja kalau dihitung barangnya kan sudah banyak sekali kan. Nah kita mau revaluasi berapa, semua tanah bangunan aja, atau gimana. Kalau standar akuntasi, direval ya reval semua," ujarnya di Gedung DPR RI, Selasa (18/10/2016).

"Nah ini memang biayanya banyak orangnya harus turun. Dulu aja selesainya empat tahun. Walaupun dulu harga enggak ketahuan karena gedung zaman Belanda harus ditaksir. Kalau sekarang kan appraisal lebih banyak di pemerintah jadi udah lebih cepat," tuturnya.

Untuk itu, saat ini Kementerian Keuangan berencana untuk melakukan pembahasan bersama DPR terkait strategi inventarisasi yang akan digunakan. Sebab, aset ini akan digunakan untuk penerbitan SBSN pada tahun 2017.

"Kita segera tanya yang punya profesi appraisal gimana caranya, kita butuh ini. Nanti kalau mereka bilang butuh apa, nanti akan kita tindak lanjuti," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini