Image

Ada Tax Amnesty, Sri Mulyani Pede Penerimaan Negara Akan Meningkat

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 19:38 WIB
https img k okeinfo net content 2016 10 18 20 1518213 ada tax amnesty sri mulyani pede penerimaan negara akan meningkat oY2ItTyKMb jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan, saat ini belum terdapat perubahan untuk target penerimaan negara. Menurutnya, penerimaan negara akan terus meningkat sepanjang kuartal terakhir 2016.

Salah satu penyebabnya adalah karena adanya program tax amnesty. Selain itu, penerimaan sepanjang akhir tahun juga akan meningkat seiring dengan banyaknya wajib pajak yang membayar pajak jelang tutup tahun.

"Belum ada perubahan, tahun anggaran masih sampai bulan Desember. Tax amnesty dan penerimaan pajak secara keseluruhan penting. Dan kecepatan dan eksekusi belanja pun harus kita lihat," kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Menurutnya, potensi defisit anggaran hingga saat ini masih cenderung rendah. Hanya saja, defisit ini diyakini dapat ditutupi dengan peningkatan penerimaan negara. Sri pun menegaskan akan terus memantau penerimaan negara hingga akhir tahun mendatang.

"(Defisit terhadap PDB) 1,89 sampai hari ini. Seperti saya katakan, Tahun anggaran masih 2,5 bulan lagi. Di mana belanja mengalami percepatan dan penerimaan perpajakan masih banyak baik dari pajak maupun Bea Cukai yang masih perlu kita pantau hati-hati," tutur Sri Mulyani.

"Kita akan kontrol terus, pantau terus dan usahakan sesuai target," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini