Image

Pasar Saham Asia Naik Ikuti Penguatan Dolar AS

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 09:37 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 18 278 1517569 pasar saham asia naik ikuti penguatan dolar as vN5MnyPGFQ jpg Ilustrasi indeks Asia. (Foto: Reuters)

TOKYO - Pasar saham Asia dibuka menguat seiring dolar Amerika Serikat (AS) yang mengalami konsolidasi kenaikan, meskipun risk appetite rendah karena pasar saham AS yang lemah mendorong investor untuk tetap waspada.

Di Asia, indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, .MIAPJ0000PUS, naik 0,2 persen pada awal perdagangan. Sementara pasar saham Australia naik 0,3 persen.

Kampanye pemilihan presiden AS sudah mulai mengusik investor dan kekhawatiran tentang ekonomi China semakin membesar setelah data neraca perdagangan yang lemah pekan lalu. Risiko secara luas meningkat dan memaksa investor untuk memangkas posisi setelah rally kuat di aset berisiko pada kuartal ketiga 2016 .

Portofolio yang mengalir ke pasar negara berkembang menurun tajam pekan lalu, dengan rata-rata perdagangan bergerak tujuh hari menurun ke level terendah, sejak kejutan devaluasi mata uang China pada Agustus 2015.

Di sisi lain, kemungkinan untuk The Fed menaikkan suku bunga mereka pada Desember, telah mengangkat imbal hasil AS dengan tenor 10-tahun naik 25 basis poin.

Saham bergerak melemah setelah komentar dari Federal Reserve Wakil Ketua Stanley Fischer, yang mengatakan stabilitas ekonomi bisa terancam oleh suku bunga rendah, karenanya tidak semudah itu bagi The Fed untuk menaikkan tingkat suku bunga mereka.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini