Image

Pengembang Desak Penerbitan PP Penyederhanaan Izin Bangun Rumah

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 12:14 WIB
https img okeinfo net content 2016 10 18 470 1517684 pengembang desak penerbitan pp penyederhanaan izin bangun rumah hbw6XwNEu1 jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pengembang properti meminta agar Peraturan Pemerintah (PP) sebagai aturan turunan dari Paket Kebijakan 13 tentang penyederhanaan perizinan dapat segera dikeluarkan.

Pasalnya hingga saat ini aturan tersebut belum juga diluncurkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (Baca juga: REI: Akhirnya Pemerintah Sadar Sektor Properti Penting)

"Paket tersebut memang telah rampung dibahas tentang penyederhanaan perizinan bagi perumahan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), namun peraturan tersebut PP-nya sampai sekarang belum dikeluarkan, kami masih menunggu," kata Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy, di Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Kendati begitu, Eddy mengaku dorongan pemerintah pusat lewat kebijakan yang dikeluarkan sebanyak 13 paket itu disambut positif. Pasalnya 6 paket di antaranya fokus terhadap bidang properti.

"Ini baru pertama kali kebijakan yang langsung menyangkut properti untuk mendorong sektor properti tumbuh, ini harus disambut baik, agar sektor properti jadi lokomotif ekonomi di setiap daerah," katanya. (Baca juga: Properti Masih Lesu, Banyak Pengembang Stop Produksi)

Eddy menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah membahas kemudahan perizinan untuk pembangunan properti komersil.

"Ini jadi strategi kita yang beberapa waktu lalu sudah dibahas jadi tidak hanya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) kami juga dorong komersil," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini