Image

Teknik Pembongkaran Gedung Bintaro dengan Pembebanan Pertama di Indonesia

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 16:18 WIB
https img z okeinfo net content 2016 10 18 470 1517966 teknik pembongkaran gedung bintaro dengan pembebanan pertama di indonesia o9zPp6RCZm jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pembongkaran gedung tua di Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang Selatan molor. Bangunan milik Bank Panin yang dibangun pada 1995 itu pun tidak kunjung roboh, meski telah dibebankan pasir seberat 150 ton di atas gedung.

Menurut Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta, pembongkaran bangunan dengan metode pembebanan tersebut baru kali ini dilakukan.

"Pembongkaran menggunakan pembebanan dengan pasir saya baru pertama kali ini dengar jadi belum bisa komentar cocok atau tidak." katanya kepada Okezone, Selasa (18/10/2016).

Dia menambahkan, pada dasarnya pembongkaran dengan metode apapun menurut dia bisa saja digunakan asalkan tidak membahayakan masyarakat sekitar maupun lingkungan. (Baca juga: Pembongkaran Gedung Panin Bintaro Tak Perlu dengan Metode Pembebanan)

Sebelumnya, Manager Project PT Wahana Infonusa Ari Ydhanto mengatakan, teknik yang digunakan tersebut merupakan yang pertama kali yang dicoba di Indonesia. Kendati begitu dia meyakini bahwa teknik tersebut aman dan tidak berisiko tinggi. Kontraktor sebelumnya menggunakan 150 ton pasir, karena bangunan tidak kunjung runtuh maka beban tersebut akan ditambah menjadi 400 ton pasir. Dibutuhkan waktu tiga hari untuk menempatkan beban tersebut ke atas gedung.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini